Virtual Advertising – Apa Itu, Strategi & Penerapan Dalam Bisnis

Apakah Anda merasa asing dengan istilah digital marketing? Akhir-akhir ini pasti Anda sering mendengar orang-orang mengucapkan kata advertising and marketing virtual atau pemasaran virtual.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah salah satu cara yang di lakukan oleh suatu perusahaan untuk memasarkan produk dan jasa secara virtual dengan menggunakan teknologi net.

Sebenarnya pemasaran secara digital ini sudah ada sejak 1990-an.

Seiring berjalannya waktu, cara ini bukan hanya untuk memasarkan produk dan jasa tapi juga untuk mem-branding, membangun hubungan baik dengan pelanggan, dan meningkatkan penjualan bisnis.

Dengan demikian dapat diketahui bahwa pengertian virtual advertising and marketing ialah segala jenis kegiatan dan strategi yang dilakukan suatu perusahaan untuk mencapai goal yang telah ditentukan melalui teknologi internet.

Perkembangan Digital Marketing di Indonesia

Perkembangan dunia digital marketing di Indonesia mulai booming semenjak penggunaan net di Indonesia mulai meningkat, yakni sekitar tahun 2017.

Pada tahun tersebut, tercatat telah ada 143 juta orang di Indonesia yang telah mengakses net. Survey yang dilakukan Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa perilaku penggunaan net di Indonesia selalu meningkat 10% setiap tahunnya.

Sehingga tidak mengherankan bila perkembangan net advertising seperti ini di Indonesia sangat meningkat. Laporan yang diperoleh dari penelitian mengungkap bahwa:

  • Email termasuk dalam salah satu platform yang efektif. Hal ini karena lebih dari 2,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan email sebagai sarana komunikasi. Secara advertising, strategi ini mampu mendongkrak ROI. Setelah email, ada media sosial sebagai platform yang ampuh untuk melakukan pemasaran produk secara digital
  • Platform virtual memegang peluang besar dalam pemasaran. Semakin berkembangnya teknologi dan informasi, maka semakin tinggi juga kecepatan internet. Walaupun tren selalu berubah-ubah sesuai keinginan pasar, pemasaran secara digital selalu menjadi metode pemasaran produk yang paling ampuh
  • Tantangan yang ada dalam virtual marketing, diantaranya kurangnya pemahaman dari tujuan pemasaran secara digital. Hal ini mengakibatkan sebagian besar aktivitas advertising hanya digunakan untuk membangun attention saja, bukan untuk meningkatkan penjualan produk
  • Dalam pratik pemasaran secara digital yang harus diperhatikan ialah strategi yang mudah untuk meningkatkan profit. Strategi yang dilakukan ialah dengan mengamati kondisi pasar, lalu menentukan equipment pemasaran secara virtual mana yang paling relevan untuk digunakan

Channel-Channel Digital Marketing

Penahkah Anda berpikir untuk mengelaborasikan virtual advertising and marketing dalam bisnis Anda? Hal ini dengan harapan bisnis atau perusahaan Anda mampu dikenal baik dengan pelanggan dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Atau bahkan jika Anda memiliki UKM, belajar virtual advertising merupakan hal yang sangat fundamental jika bisnis Anda ingin berkembang lebih cepat.

Dalam dunia virtual advertising atau pemasaran digital ini, ada beberapa hal perlu Anda ketahui.

Nah, berikut ini adalah beberapa channel yang digunakan di dalam implementasi digital marketing.

1. Search Engine Optimization (search engine marketing)

search engine marketing atau Search Engine Optimization selalu digunakan perusahaan agar mudah ditemukan oleh pelanggan. Singkatnya, search engine optimization ialah upaya agar website perusahaan berada di halaman pertama di mesin pencari google berdasarkan kata kunci atau key-word yang Anda goal.

2. Search Engine Marketing (SEM)

SEM atau Search Engine Marketing adalah teknik pemasaran berbayar agar lebih cepat untuk berada di posisi teratas pencarian Google. Keberadaan SEM dapat ditandai dengan adanya tulisan ‘Ad’ dalam halaman pencarian Google.

three. Social Media Marketing

Teknik pemasaran media sosial digunakan untuk meningkatkan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan.

Dalam tipe virtual advertising and marketing ini, terdapat beberapa platform yang mendukung, seperti Instagram, Linkedin, Facebook, Twitter, dan lainnya. Penggunaan media sosial ini paling banyak digemari karena tidak terlalu membutuhkan biaya yang besar.

four. Social Media Ads

Social media commercials adalah kegiatan digital advertising berbayar dengan menggunakan media sosial, seperti Facebook Ad, Instagram Ad, Linkedin Ad, Tiktok, dan lain sebagainya.

5. Content Marketing

Content Marketing (Konten Marketing) merupakan seni penjualan dengan memanfaatkan konten digital. Sehingga konsumen tidak merasa bahwa perusahaan sedang melakukan promosi.

Penyampaian marketing content dilakukan dengan cara yang unik, menghibur, menarik, dan dikemas dalam bentuk artikel, foto, video, dan lain sebagainya. Konten konten advertising and marketing tersebut didistribusikan melalui mesin pencari, internet site, media sosial, atau lain sebagainya.

6. Email Marketing

Email Marketing adalah implementasi digital advertising untuk mempertahankan pelanggan melalui surel agar selalu dependable pada produk dan jasa yang disediakan oleh perusahaan.

Langkah kerja electronic mail marketing adalah dengan selalu memberikan informasi terbaru melalui surat elektronik mengenai promosi, produk, dan jasa yang diberikan oleh perusahaan.

7. Youtube (video) Marketing

Teknik digital marketing ini biasanya dilakukan melalui media virtual Youtube. Pemasaran jenis ini dapat dilakukan digital marketer atau pun perusahaan untuk memasarkan produknya. Jadi siapa pun bisa memasang iklan di Youtube.

Pemasaran secara on line yang dilakukan melalui Youtube ini memiliki dua jenis, yaitu video hard-selling dan smooth-promoting.

8. Native Advertising

Native marketing adalah model iklan banner secara on line yang menyesuaikan dengan media virtual yang menjadi placement-nya. Tipe local advertising, diantaranya adalah Native Ad unit, Sponsored Content, dan Programmatic Native Ad,.

9. Mobile Advertising

Mobile advertising bisa diartikan sebagai periklanan dengan menggunakan perangkat seluler smartphone. Beberapa jenis Mobile Advertising yang paling sering digunakan yaitu Mobile App Banner, Interstitial page, Pop Ads (Under), dan lain sebagainya.

Mungkin ada beberapa dari Anda yang sering menemukan iklan banner di dalam aplikasi cellphone yang sedang Anda gunakan? Nah, itulah salah satu contoh aktivitas pemasaran menggunakan teknik mobile advertising and marketing.

10. Programmatic Ads

Programmatic ads adalah mesin algoritma yang digunakan untuk menampilkan iklan di hampir semua media, terutama media digital internet site.

Bedanya Programmatic Ads dengan Display Ads adalah, jika Ad Network hanya memiliki beberapa writer Display Ads tertentu, Programmatic Ads bisa menjangkau hampir seluruh writer yang dimiliki oleh banyak Ad Network.

Tugas utama Programmatic Ads adalah untuk merencanakan, mengoptimalkan, dan menargetkan pemasaran online secara baik, tertarget, dengan hasil yang lebih maksimal.

eleven. Pay Per Click (PPC)

Pay consistent with click (PPC) adalah salah satu jenis channel pemasaran digital yang berbayar. Walaupun perlu mengeluarkan uang, PPC ini merupakan model periklanan yang paling ampuh untuk meningkatkan visitors website Anda atau perusahaan secara instan.

Ya, Google Ads dan Facebook Ads memang sebenarnya bisa dikategorikan sebagai PPC. Namun, jika Anda sedang membaca artikel dan menemukan iklan banner di tengah-tengah bacaan Anda, maka iklan tersebut juga dikategorikan sebagai PPC.

Jadi PPC atau Pay Per Click ini merupakan cakupan luas dari metode iklan yang besaran biaya iklannya tergantung dari jumlah click yang dilakukan pengunjung.

Alasan penggunaan PPC untuk optimasi internet site Anda atau perusahaan adalah:

  • Anda mampu mendapatkan goal purchaser dengan lebih cepat,
  • Biaya pengeluaran untuk pemasangan iklan dapat dikontrol,
  • Return On Investment (ROI) dapat dipastikan meningkat, dan
  • Channel digital marketing ini memiliki pengaruh tidak langsung yang sangat baik untuk campaign search engine marketing yang dilakukan terpisah
  • Channel Paling Cocok Digunakan untuk Usaha dan Bisnis

    Nah, pasti Anda bertanya-tanya manakah channel virtual advertising yang paling baik untuk Anda gunakan?

    Semua channel digital advertising memiliki keunggulannya masing-masing. Dengan demikian bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dari bisnis yang Anda jalankan.

    Berikut ini adalah channel virtual advertising and marketing terbaik yang paling cocok untuk bisnis yang sedang Anda jalankan.

    1. search engine marketing atau Mengoptimasi Mesin Pencarian

    Penggunaan search engine marketing mampu membuat website Anda menduduki peringkat pertama di hasil pencarian Search Engine. Hal ini bisa menjadi peluang yang lebar bagi internet site Anda dikunjungi lebih sering oleh calon konsumen.

    Selain itu, strategi search engine marketing juga terbukti mampu meningkatkan reputasi bisnis atau perusahaan Anda. Setiap bisnis biasanya memiliki sentimen positif dan negatif dari pasar. Anda bisa mengoptimisasi sentimen positif tersebut jika seseorang mencari informasi mengenai brand atau produk Anda di Google search engine.

    Channel yang satu ini bisa menjadi investasi jangka panjang untuk logo Anda dan juga untuk nama bisnis atau perusahaan Anda.

    2. Social Media Ads atau PPC

    Penggunakan Paid Ads ini biasa dilakukan semua pemilik online save, mulai dari Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads. Bukan hanya karena pengoperasiannya yang mudah tapi juga bisa membuat dekat pelanggan dengan pemilik bisnis atau perusahaan.

    Para virtual marketer cukup menciptakan konten-konten media sosial yang menarik dan anti-mainstream lalu dibagikan dengan memanfaatkan platform PPC yang telah disebutkan diatas.

    three. Email Marketing

    Email advertising adalah bentuk aktivitas virtual advertising dengan mengirimkan surat elektronik kepada para pelanggan. Hal ini merupakan cara yang mampu menekan biaya pemasaran dan lebih mudah menjangkau konsumen.

    Ada pun tahap awal yang perlu Anda lakukan ialah meminta izin kepada pelanggan untuk mengirimkan informasi tertentu melalui surat elektronik.

    Pesan yang Anda sampaikan harus singkat, padat, jelas, dan informatif. Beberapa e-mail advertising dengan tools terbaik ialah Constant Contact, Mailchimp, dan Aweber.

    4. Social Media Marketing

    Sosial Media Marketing membuat hubungan antara Anda dan calon pembeli menjadi lebih dekat hal ini karena calon pembeli bisa berkomunikasi secara langsung dan mengutarakan apa yang mereka butuhkan atau cari melalui media sosial.

    five. Video Content Marketing

    Teknik virtual advertising yang biasa disebut dengan Youtube Marketing ini adalah pemasaran secara virtual dengan menggunakan video sebagai kontennya.

    Video dipilih karena (1) mampu menjangkau pasar-pasar yang potensial, (2) menyalurkan kampaye emblem dengan maksimal, dan (3) melakukan promosi secara langkap.

    Jenis video konten diantaranya video occasion, video demo, video edukasi, video petunjuk, video branding, video testimony pelanggan, video studi kasus, dan lain sebagainya.

    Bisnis yang Cocok Dioptimisasi dengan Digital Marketing

    Pada dasarnya semua bisnis memerlukan pemasaran atau digital marketing. Hal ini agar terjadi “perputaran”.

    Nah, melalui digital advertising ini, bisnis atau perusahaan Anda bisa melakukan promosi dengan sangat efektif dan efisien. Lalu, apakah semua bisnis cocok dengan konsep pemasaran secara digital?

    Pada dasarnya, digital marketing cocok untuk diterapkan untuk semua jenis bisnis. Yang berbeda nantinya adalah, strategi penerapannya.

    Berikut ini, mari kita perhatikan beberapa bisnis yang cocok dengan konsep digital advertising.

    • Bisnis penginapan, seperti resort, villa, guesthouse, dan sebagainya
    • Bisnis biro perjalanan, seperti tiket pesawat, tiket kereta, tiket bis, dan sebagainya
    • Bisnis apartment kendaraan, seperti mobil, motor, dan sebagainya
    • Bisnis jasa penitipan anak
    • Bisnis jasa penitipan hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, atau yang lain
    • Bisnis produk kecantikan, seperti skincare, soflens, pomade, dan sebagainya
    • Bisnis makanan
    • Bisnis fashion, mulai dari style wanita, fashion hijab, style pria, baju anak-anak, dan lain sebagainya
    • Bisnis aksesoris (jam tangan, tas, ikat pinggang, dan sebagainya)
    • Bisnis barang elektronik atau hp
    • Bisnis layanan bimbingan belajar

    Keunggulan

    Kini, iklan tradisional tidaklah terlalu mengambil peran penting dalam pemasaran. Penggunaan iklan tradisional dapat pula disebut pemasaran konvensional.

    Hal yang termasuk dalam pemasaran konvensional ialah TV, radio, majalah, koran, dan media yang lain.

    Dengan demikian banyak perusahaan yang beralih ke pemasaran secara digital. Berikut keunggulan dari digital advertising dibandingkan dengan pemasaran konvensional:

    • Tidak memerlukan biaya yang sangat mahal
    • Fleksibel untuk melakukan paid marketing
    • Dapat diukur grafik pemasarannya dengan tepat, mulai dari besarnya persen konversi penjualan di setiap iklan
    • Bisa mengevaluasi iklan yang tepat dan tidak tepat

    Tips Sebelum Menerapkan Digital Marketing

    Cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan ialah dengan memberikan produk berkualitas. Itulah pedoman yang selalu Anda junjung dalam bisnis.

    Selain itu juga, perlu strategi virtual advertising yang canggih. Sebab kualitas produk yang baik bila tidak diimbangi dengan pemasaran yang canggih dan tepat, maka hasilnya tidak akan menguntungkan.

    Itulah mengapa perlu pemasaran digital yang canggih. Bahkan dengan virtual advertising and marketing yang canggih mampu menutupi kualitas produk yang cukup.

    Pada bagian ini, kami akan membantu Anda untuk menyesuaikan dengan strategi pemasaran digital agar bisa mencapai target penjualan yang diinginkan.

    • Kenali pelanggan dengan baik. Dengan mengetahui calon pelanggan, Anda akan mampu mengambil jalan untuk melalukan pemasaran yang efektif. Ingatlah bahwa “pembeli adalah raja”. Dengan demikian Anda wajib melayani secara maksimal
    • Petakan setiap jenis pelanggan. Semua bisnis pasti dimulai dari tahap perkenalan (attention), pertimbangan, penjualan, penilaian hingga kembali membeli. Setiap promosi Anda mengambil peran penting dalam tahap-tahap tersebut. Dengan demikian perlu Anda ketahui hal apa saja yang harus dilakukan agar pembeli selalu kembali untuk membeli produk
    • Amati pihak kompetitor. Hal ini bertujuan agar tidak kalah saing serta kehilangan para pelanggan. Sebaiknya berikan strategi pemasaran yang menarik untuk memperoleh hati pelanggan
    • Buat goal yang terarah. Target advertising harus memenuhi syarat SMART (Specific, Measurable, Actionable, Relevant, serta Time sure). Target marketing yang Anda susun mesti realistis serta terukur untuk membantu Anda menjalankan strategi virtual advertising yang efektif
    • Pilih channel pemasaran digital yang cocok. Hal ini karena tidak semua channel digital advertising bisa menghasilkan output yang besar. Pilihlah channel dengan jumlah marketplace yang besar dan menghasilkan para pelanggan yang potensial. Bila ada satu channel yang efektif, mengapa harus menghabiskan budget untuk semua channel.

    Cara Memulai

    Tahukah Anda cara memulai digital advertising and marketing yang efektif? Hal ini perlu Anda ketahui guna memperlancar kegiatan promosi Anda.

    Nah, perhatikan cara memulai virtual advertising berikut ini:

    • Mengenali aset yang Anda dan perusahaan miliki
    • Berani memulai dan kehilangan uang, karena dibutuhkan eksperimen (testing) goal pasar sebelum Anda pada akhirnya membuat keuntungan
    • Tentukan channel pemasaran virtual yang paling cocok untuk bisnis Anda

    Tentukan Tujuan Melakukan Pemasaran Online

    Kini pemasaran bisnis sulit dipisahkan dengan dunia virtual. Dan tahukah Anda kenapa virtual marketing ini semakin marak?

    Hal ini karena tujuan utama penggunaan dari virtual advertising and marketing adalah:

    1. Akuisisi Pelanggan

    Akuisisi bertujuan untuk mengajak pelanggan dari kompetitor untuk menggunakan produk atau jasa dari bisnis yang Anda punya. Hal ini bertujuan agar pelanggan dari kompetitor beralih dari menggunakan produk kompetitor ke menggunakan produk dari bisnis Anda.

    2. Meningkatkan Konversi

    Konversi adalah menargetkan pelanggan baru untuk menikmati produk atau jasa dari perusahaan.

    three. Menaikan Tingkat Engagement Rate

    Engagement charge merupakan suatu angka yang mengukur tingkat pemakaian pelanggan dalam menggunakan produk atau jasa dari bisnis Anda. Semakin sering pelanggan menggunakan variasi produk Anda, maka akan semakin tinggi persentase engagement fee.

    Dari tiga tujuan utama diatas tersebut, Anda dituntut untuk bisa menyusun tujuan pemasaran terlebih dahulu agar nantinya dapat menerapkan strategi digital marketing yang tepat.

    Apa Saja yang Dibutuhkan?

    Sama halnya dengan pemasaran konvensional, dalam digital advertising juga membutuhkan persiapan. Mengingat dalam pemasaran ini Anda membutuhkan media digital sebagai jembatan antara Anda dengan calon pembeli produk.

    Berikut hal yang perlu Anda persiapkan.

    • Email cope with
    • Website atau weblog (wajib)
    • Nomer handphone (wajib)
    • Akun media sosial. Ini untuk membangun kredibilitas bisnis atau perusahaan Anda
    • Untuk memperlancar pemasaran virtual Anda, gunakan jasa search engine optimization

    Tips Menjalankan Social Media Marketing

    Berikut hints menjalankan social media marketing yang sangat penting dalam bisnis maupun perusahaan Anda:

    • Membuat konten yang menarik, informasi, dan tepat
    • Selalu konsisten untuk mengembangkan media sosial
    • Melakukan analisa aktivitas sosial media
    • Melakukan analisa kompetitor
    • Menyelipkan gimmick. Hal ini untuk menarik perhatian calon konsumen. Tapi jangan sampai hal ini menjadi boomerang untuk pemasaran bisnis Anda.

    Strategi untuk Memaksimalkan Hasil

    Setelah Anda tahu tujuan dari penggunaan virtual advertising and marketing, sekarang Anda juga perlu tahu tentang strategi untuk memaksimalkan pemasaran secara virtual.

    Sudah tahukah Anda cara menentukan atau memaksimalkan channel virtual advertising?

    Mari kita simak strategi di bawah ini:

    • Lakukan riset terlebih dahulu. Hal yang perlu Anda lakukan ialah menentukan segmentasi, positioning, target pasar, serta differensiasi dari produk Anda.
    • Lakukan motion atau tindakan dengan cara memastikan channel yang cocok dari hasil riset untuk memasarkan produk. Selanjutnya melakukan pemasaran secara digital yang sesuai
    • Terakhir, lakukan analisa dan juga mengevaluasi hasil dari campaign yang sudah dilakukan. Tahap ini bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan kegiatan digital advertising yang selanjutnya.

    Kesimpulan

    Itulah informasi dasar seputar virtual advertising. Setelah membaca artikel di atas apakah Anda tertarik untuk menggunakan pemasaran secara virtual?

    Belajar virtual advertising memang susah-susah gampang, tapi di sisi lain ada banyak kelebihan yang bisa Anda peroleh dari pemasaran seperti ini.

    Sebaiknya sesuaikan dengan pasar, produk, dengan equipment pemasaran digital yang Anda pilih.  Salam sukses!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *